Kreasi Design Type 36 by Griya Konstruksi Sultra,PT

Hal yang pertama kali terlintas dibenak begitu rumah tipe 36 yang di idam-damkan terwujud adalah menata interior agar nyaman untuk ditinggali. Namun pada kenyataannya karena kurangnya pengetahuan tentang interior mengakibatkan rumah yang seharusnya ideal sesuai fungsinya menjadi tidak nyaman karena kesalahan memilih dan perletakan furniture. Berikut adalah langkah-langkah yang patut dicermati dalam menata interior pada rumah tipe 36

  1. Zona dan fungsi ruang


Tipikal denah rumah tipe 36 pada umumnya terdiri dari teras, ruang multi fungsi, km/wc serta dua kamar tidur. Kesalahan umum yang sering terjadi yaitu menjadikan ruang multi fungsi sebagai ruang tamu sehingga ruang keluarga yang sifatnya butuh privasi menjadi hilang. Solusinya adalah memanfaatkan teras depan rumah sebagai ruang menerima tamu (desain teras sebagai ruang tamu akan kami bahas lebih mendalam pada rubrik akan datang). Ruang multi fungsi tersebut bisa dimaksimalkan sebagai ruang keluarga, dapur dan ruang makan sekaligus.

  1. Desain dan ukuran furnitur

Sofa dengan model dan ukuran custom sehingga bisa memaksimalkan ruang. Laci built in di bawah sofa bisa jadi solusi cardas sebagai ruang penyimpanan.

(sumber gambar IDEA edisi Jan 2006)

Seringkali kita kalap bila ada promo sale furnitur di supermaket atau toko furnitur. Tanpa mempertimbangkan fungsi serta ukuran kita langsung borong mumpung lagi diskon. Namun ketika sampai di rumah sofa atau lemari pakaian yang barusan dibeli ternyata memenuhi hampir separuh ruangan.

Kenali rumah anda. Biasanya tipikal ruang multifungsi yang akan kita gunakan sebagai ruang keluarga berukuran 3m x 5m. Maka carilah sofa yang ukurannya ideal sesuai luas ruangan bila ukuran yang diinginkan tidak tersedia di toko maka memesan pada pembuat mebel atau custom bisa jadi alternatif. Menggunakan mebel kustom selain ukuran yang sesuai permintaan bisa juga desain khusus multifungsi agar semakin memaksimalkan ruang.

  1. Warna

Pemilihan warna yang tepat agar ruang pada rumah tipe 36 tidak terasa sesak adalah dengan mengaplikasikan warna-warna terang pada dinding, lantai dan plafond. Ruangan dengan warna terang cenderung memberikan kesan lega dan luas dan tentunya hal ini juga akan terkesan  lebih mewah daripada warna yang gelap.

  1. Pencahayaan dan sirkulasi udara

Pencahayaaan alami yang baik melalui bukaan jendela dan pintu adalah satu satu cara membuat ruangan terasa luas dan jauh dari kesan sumpek. Dengan jendela dan pintu yang berukuran maksimal selain pencahayaan juga sangat baik untuk sirkulasi udara dimana sebaik-baiknya pengkondisian udara yang sehat dan murah adalah yang sifatnya alami. Untuk melaksanakan ide tersebut memang dibutuhkan dana yang ekstra karena kita harus merubah kusen jendela dan pintu yang lebih besar dan proses pembongkaran dinding dalam prosesnya. Namun hasil yang akan diperoleh akan sebanding dengan usaha yang dikeluarkan.

  1. Cermin sebagai elemen penunjang

Salah satu cara lain untuk membuat ruang sempit pada rumah tipe 36 terasa lebih luas adalah dengan menggunakan cermin pada dinding. Penempatan yang tepat cermin berukuran besar tidak hanya membuat ruang terasa lebih luas tetapi efek reflektif juga akan memberikan kesan mewah pada ruangan.

  1. Buang yang tak terpakai

Kardus TV berisi buku bekas sekolah anak, meja kantor pemberian orang tua, bufet dengan berbagai barang pecah belah dan lain sebagainya yang sebenarnya tidak pernah kita gunakan sebaiknya disingkirkan. Tipikal rasa sayang kita kepada suatu barang yang mungkin bernilai historis atau karena sebab yang lainnya yang sebenarnya tidak bermanfaat yang menjadi penyebab utama masalah penataan ruang. Tentu dengan terbatasnya ruang penyimpanan biasanya berujung pada berantakannya rumah tipe 36.

Pastikan tidak ada tumpukan barang atau perabot berlebihan dalam ruangan. Jika ada barang yang memang sudah tidak terpakai, buang atau berikanlah kepada orang lain. Jika barang tersebut masih penting namun jarang digunakan, simpanlah dengan rapi pada tempat-tempat yang tertutup  seperti kolong tempat tidur.

 

Akhirnya dari langkah-langkah yang patut dicermati dalam menata interior pada rumah tipe 36 diatas bila sudah diaplikasikan maka ujungnya sikap disiplin untuk menjaga kebersihan dan kerapian penghuni menjadi kunci utama. Memang benar berlaku pula pada rumah tipe luasan apa saja namun akan sangat terasa pada rumah tipe 36 yang notabene minimalis pada luasan masing-masing ruangannya.

 

 

Penuli : Reza Herry. S

Editor : reisultra.com