Kunjungan PPDPP Menjadi Awal Baru Pembangun di Sultra Tahun 2020

Reisultra.com, kendari – PPDPP Merupakan Satuan Kerja Non Eselon dibawah Kementrian Pekerjaan Umun Dan Perumahan Rakyat dengan tugas utama menyalurkan dan mengelola investasi dana pembiayaan perumahan bagi rakyat. Setelah ditanda tangani perjanjian kerjasama operasional antara Pusat Pengelolaan Dana Pembiyaan Perumahan (PPDPP) dengan 37 bank pelaksana dalam penyaluran dana Fasilitas Likuidasi Pembiyaan Perumahaan (FLPP) untuk tahun 2020 pada desember tahun lalu, Kini giliran Bank Sultra yang mendapat kunjungan dari PPDPP Kementrian PUPR . selasa (18/02/2020).


Dalam kunjungannya PPDPP yang dihadiri oleh Direktur Umum Dan Hukum Bapak Ir. Monhilal, Dipl, SE mengatakan kujungannya ke Sulawesi Tenggara untuk meninjau pembangunan yang ada di Sulawesi Tenggara sekaligus Asesmen Bank dengan Bank Sultra dimana PPDPP melihat potensi yang ada di Sulawesi Tenggara sangat besar dan peningkatan kualitas Bank Sultra yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir.
“Terkait berapa persen kuota yang akan diberikan kepada Bank Sultra kami akan rapatkan kan sementara ini masih dalam tahap Asesmen, tapi kalaupun nanti lulus gambarnya tidak akan jauh beda dengan tahun lalu” ungkapnya
Dalam perjalanannya kinerja bank akan tetap dievaluasi kembali, ada kemungkinan kuota akan di tambah pada triwulan ke dua jika memungkinkan dan tidak menutup kemungkinan akan dikurangi jika kinerja para bank pelaksana menurun.
Dalam pembangunan daerah Direktur Umum Dan Hukum PPDPP sangat mendukung bank bank daerah untuk lebih berperan aktif dalam pembagunan daerahnya. Seperti yang diungkapkan “Harusnya memang bank daerah yang lebih aktif pasalnya IMB sekarang diurus oleh daerah, banknya bank daerah, masyarakatnya juga daerah kemudian pengembangnya juga pengembang daerah” ungkapnya.
PPDPP baru-baru ini juga meluncurkan Aplikasi “SIKASEP” dalam rangka IT untuk memudahkan pengembang, bank, dan pemerintah dalam memonitorin pembangunan. Namun tetap yang menentukan adalah Debitur (End User) nantinya supaya masyarakat lebih mudah memilih perumahan yang diinginkan.
Sedangkan Bank Sultra tetap optimis tahun ini akan mendapat kuota , menurut perwakilan Bank Sultra Bapak Hasbi mengatakan “Semoga hasil dari rapat nanti, kita diberikan kembali kepercayaan dalam mengawal pembangunan mendatang di sultra. Dan juga kami sudah bekerja sama dengan lebih dari 100 pengembang yang ada di Sultra kami berharap mereka lebih aktif lagi bisa membangun kembali bdan bekerja sama dengan Bank Sultra. Adapun masalah kemarin yang sempat muncul sesegera mungkin kami akan selesaikan” tuturnya
Karena potensi pembangun yang ada di sulawesi Tenggara sangat tinggi, Kedepannya Bank Sultra optimis bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat tidak hanya kalangan ASN namun akan merangkul pihak-pihak swasta yang ada di Sulawesi Tenggara.
Direktur Umum Dan Hukum PPDPP juga menghimbau kepada DPD REI Sultra untuk mengedukasi masyarakat dalam memilih rumah dengan lokasi terbaik, juga beliu menghimbau kepada REI beserta anggotanya mampu membatasi Espansi terhadap pembangunan yang ada.

Foto. Dok DPD REI SULTRA