Tanda Tangan Digital Tapak Asmo Percepat Penyaluran KPR Bersubsidi

reisultra.com, Kendari – Lembaga penyalur dana KPR bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) tengah menyiapkan aplikasi Tapak Asmo untuk penerapan penggunaan tanda tangan digital di lingkungan kerja PPDPP untuk aktivitas surat-menyurat maupun persetujuan dokumen.

Tapak Asmo merupakan aplikasi berbasis Android yang memfasilitasi tanda tangan elektronik seluruh jajaran direksi dan kepala divisi untuk penandatanganan nota dinas maupun lainnya. Aplikasi ini dikembangkan oleh Divisi Teknologi Informasi PPDPP dan tengah dibahas mengenai legal standing untuk aturan hukum penerapan tanda tangan digital ini.

Menurut Kepala Divisi Hukum PPDPP Siska Purnianti, berdasarkan surat edaran Sekjen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait penggunaan tanda tangan digital sudah bisa dilakukan dengan melibatkan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Tapak Asmo sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang berarti tanda tangan. PPDPP dalam menggunakan nama selalu mengupayakan unsur budaya lokal seperti beberapa aplikasi sebelumnya yaitu SiKasep, SiKumbang, SiPetruk, dan sebagainya.

Direktur Operasi PPDPP Martanto (Toto) mengatakan, penerapan tanda tangan digital ini merupakan salah satu langkah penting dalam rangka meningkatkan proses penyaluran program KPR FLPP secara fully digital. Hal ini juga sesuai dengan arah kebijakan pemerintah tentang penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Ini merupakan langkah yang sangat strategis karena sejak tahun 2020 PPDPP terus berupaya melakukan inovasi di bidang teknologi informasi dan pada tahun 2021 mendatang PPDPP akan fully digital salah satunya dengan diterapkannya e-FLPP versi 2.0 yang didukung dengan tanda tangan digital Tapak Asmo ini,” ujarnya.

Dengan penerapan Tapak Asmo, Toto menyebut proses pelayanan penyaluran FLPP akan semakin cepat dan tepat. Aplikasi Tapak Asmo ini bisa memproses persetujuan atau penandatanganan dari manapun dan kapanpun tanpa terikat waktu dan tempat tapi tetap bisa menjamin keaslian dokumen yang ditandatangani.

“Kelebihan yang bisa diperoleh dari aplikasi Tapak Asmo ini persetujuan dokumen bisa kapan saja dan tidak terikat tempat dan saat ini tentunya sangat mendukung karena situasi pandemi. Dokumen yang ditandatangani juga dijamin asli karena apabila ada modifikasi akan langsung terdeteksi saat itu juga,” pungkasnya.

 

 

sumber : rumah.com

foto : istimewa (rumah.com)