Menteri PUPR Dorong New Normal Untuk Kemudahan Sektor Perumahan

reisultra.com, Kendari – Berbagai penyesuaian terus dilakukan untuk menjalankan aktivitas normal baru (new normal) di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Penggunaan dan pemanfaatan teknologi mutlak dilakukan untuk terus menerapkan new normal sehingga kita bisa tetap menjalankan aktivitas di tengah pandemi ini.

Karena itu, Menteri Pekerjaan Umum  dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terus mendorong berbagai pihak untuk menyiapkan program besar digitalisasi di bidang pelayanan pemerintah khususnya untuk sektor perumahan. Berbagai instrumen harus terus dicari dan diterapkan supaya memudahkan semua pihak dalam beraktivitas di sektor perumahan.

“Kita harus adaptif dan terus memperbaiki proses bisnis termasuk untuk penyaluran subsidi perumahan. New normal itu intinya berkegiatan less contact society, bagaimana  kita bisa tetap menjalankan roda bisnis dengan mengurangi kontak fisik. Makanya semua harus dengan digitalisasi dan saya ingin semua instrumennya disiapkan seperti tanda tangan virtual, jadi pengembang dan perbankan harus bisa memfasilitasi itu,” katanya.

Basuki berharap, sektor perumahan bisa tetap berjalan di tengah situasi wabah Covid-19. Semua kegiatannya harus bisa didigitalkan mulai dari pencariann rumah, pengajuan permohonan, hingga akad kredit harus bisa dalam bentuk digital. Semua pihak harus aktif mencari cara menerapkan berbagai cara new normal di tengah pandemi ini.

Hal ini langsung direspon oleh Bank BTN yang memang fokus untuk pembiayaan perumahan. Menurut Direktur Bank BTN Hirwandi Gafar, Bank BTN sudah menyiapkan virtual account bagi para nasabah untuk melakukan transaksi mulai dari mencari properti hingga pengajuan kredit melalui kanal btnproperti.co.id.

“Kami juga sudah menerapkan wawancara pengajuan kredit secara virtual hanya saja masih ada kendala saat transaksi akad kredit karena pihak notaris masih ingin bertatap muka. Kami tengah mengupayakan supaya proses akad kredit ini semuanya bisa dilakukan secara virtual jadi tidak perlu ada kontak fisik,” tandasnya.

 

sumber : rumah.com

Foto : Istimewa