Masyarakat Bergaji Di Bawah Rp4 Juta Paling Banyak Cari Rumah

reisultra.com, Kendari – Lembaga penyalur KPR bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bisa memantau masyarakat yang mencari hunian melalui beberapa aplikasi yang dikembangkannya.

PPDPP telah mengembangkan aplikasi Sistem Informasi KPR Bersubsidi (SiKasep) untuk masyarakat mencari informasi hingga mendaftar untuk membeli rumah bersubsidi. Selain itu ada juga aplikasi Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) untuk kalangan pengembang menampilkan listing produksi rumahnya sehingga bisa diakses oleh masyarakat.

Berdasarkan data dari dashboard management control PPDPP, pendaftar maupun pengguna SiKasep terus meningkat. Peningkatan terjadi secara harian dan jumlahnya terus meningkat saat ada pandemi Covid-19 karena beberapa aplikasi yang dikembangkan oleh PPDPP memudahkan orang mencari informasi perumahan dari manapun.

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, dari pengguna aplikasi SiKasep didominasi oleh kalangan masyarakat yang berpenghasilan antara Rp2,5 juta-Rp4 juta. Masyarakat atau calon debitur KPR bersubsidi dengan segmen penghasilan ini yang mengakses SiKasep jumlahnya mencapai 198.739 calon debitur.

“Jumlah ini menjadi mayoritas pengakses SiKasep atau sekitar 73,02 persen dari total pendaftar yang masuk. Segmen lainnya yang masuk yaitu kalangan yang berpenghasilan Rp4 juta-Rp8 juta sebanyak 50.163 orang atau sekitar 18,43 persen. Terakhir, yang berpenghasilan di bawah Rp2,5 juta juga cukup banyak yang mendaftar yaitu 21.411 orang atau 7,8 persen,” ujarnya.

Secara total untuk periode bulan ini, jumlah yang mengakses aplikasi SiKasep telah mencapai 228.884 calon debitur. Dari angka ini, sebanyak 40.930 calon debitur belum mengajukan subsidi checking, 94.335 calon debitur sudah dinyatakan lolos subsidi checking, 10.843 calon debitur sudah dalam proses verifikasi bank pelaksana, dan 398 calon debitur sudah diajukan oleh pihak bank pelaksana kepada PPDPP untuk dicairkan dannanya. Total sudah ada 90.934 debitur yang sudah menikmati dana FLPP.

Seperti yang tadi sudah disinggung, situasi pandemi Covid-19 tidak menyurutkan masyarakat untuk mencari hunian karena ini merupakan kebutuhan dasar. Data pengakses sama sekali tidak menurun yang artinya tidak membuat masyarakat mengurungkan niat untuk mencari perumahannya kendati ada situasi pandemi global.

Rata-rata pengakses SiKasep mencapai jumlah ribuan setiap harinya dan trennya terus meningkat. Data rata-rata harian pengakses SiKasep pekan lalu misalnya, pada awal pekan mencapai 1.637 calon debitur dan besoknya naik menjadi 1.707 calon debitur. Total pada bulan September ini pengakses SiKasep mencapai 31.082 untuk periode tiga minggu bulan September 2020.

“Tingginya minat masyarakat yang mengakses SiKasep tidak terlepas dari kebutuhan perumahan yang besar dan berbagai kemudahan yang ditawarkan sistem ini yang bisa diakses dari manapun cukup mengunduh dari Plasysotre. Survei juga menyebutkann 58,42 persen hitter menyatakan aplikasi ini sangat baik dan 43,07 menyatakan baik. Ke depan, kami akan terus mengembangkan aplikasi teknologi sehingga masyarakat berpenghasilan rendah bisa dimanjakan dengan berbagai aplikasi yang memudahkan,” beber Arief.

 

sumber: rumah,com

foto : istimewa