Dengan Sistem Ini, Program Perumahan Menjadi Lebih Mudah Dan Efisien

reisultra.com, Kendari – Perumahan merupakan salah satu program utama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan program ini terus didorong supaya dampak dan manfaatnya  bisa terus membesar khususnya bagi sektor perumahan rakyat maupun perekonomian nasional.

Karena itu Ditjen Perumahan Kementerian PUPR terus mendorong masukan dari berbagai pihak khususnya pemerintah daerah yang paling mengetahui kondisi sektor perumahan di daerahnya masing-masing. Akan lebih bagus bila pemerintah daerah bisa menyiapkan strategi pembangunan perumahan yang tepat selain terus meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi program dengan Kementerian PUPR.

Menurut Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Perumahan Dwityo Akoro Soeranto, untuk terus meningkatkan program perumahan, pemerintah daerah harus  memiliki strategi yang tepat dalam perencanaan hingga pelaksanaan program pembagunan perumahan untuk masyarakatnya.

“Sementara ini kegiatan sinkronisasi dan koordinasi program perumahan pusat dan daerah merupakan bagian dari proses penjaringan program dan rencana penganggaran yang dilaksanakan Ditjen Perumahan. Kegiatan tersebut antara lain membahas penyusunan dan penyiapan strategi perencanaan program perumahan untuk tahun anggaran 2022 agar lebih efektif dan efisien,” ujarnya.

Karena itu, Dwityo berharap pemda bisa segera mengajukan usulan program perumahan di daerahnya melalui Sistem Informasi Usulan Pembagunan Perumahan (Sibaru). Pengajuan usulan untuk sektor perumahan di daerah ini bisa dilakukan oleh petugas dari dinas perumahan di daerah.

Sibaru merupakan suatu sistem berbasis elektronik dan online yang dirancang untuk mendukung proses bisnis di lingkungan Ditjen Perumahan. Melalui sistem ini berbagai hal bisa diajukan mulai dari tahap pengusulan bantuan, monitoring pelaksanaan, sebaran hasil pelaksanaan, hingga akhirnya bantuan tersebut diserahterimakan atau dihuni oleh masyarakat penerima manfaat.

Sibaru jugua merupakan respon pemerintah pusat untuk memudahkan masukan dari berbagai daerah khususnya saat situasi pandemi Covid-19. Dengan memanfaatkan sistem online melalui berbagai aplikasi, maka berbagai masukan tersebut bisa lebih mudah dan cepat ditampung hingga dibahas untuk dijadikan program kerja yang lebih efektif.

Ditjen Perumahan Kementerian PUPR akan menjadikan Sibaru ini sebagai sistem pendukung pelaksanaan program strategis nasional program sejuta rumah. Melalui sistem ini diharapkan semua proses program perumahan yang melibatkan banyak instansi seperti pemerintah daerah, pengembang, masyarakat, dan lainnya bisa lebih mudah. Sistem ini juga bisa memangkas jalur birokrasi, menghemat waktu, tidak perlu berkas hard copy, dan lebih efisien.

“Sibaru ini merupakan salah satu inovasi pelayanan publik untuk membantu program pengentasan kemiskinan di daerah-daerah. Dengan sistem informasi ini Kementerian PUPR ingin supaya seluruh masyarakat Indonesia  bisa memiliki rumah yang layak huni dan bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga,” jelasnya.

 

 

sumber : rumah.com

foto : istimewa