REI Sultra Membangun Koordinasi dan Relasi dengan Kanwil BPN Prov Sultra

reisultra.com – Kendari, Sebuah entitas yang baik harus memiliki manajemen yang baik. Dalam melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan organisasi dibutuhkan koordinasi, monitoring, dan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.

Koordinasi sangat diperlukan dalam hal proses pemaduan sasaran dan kegiatan dari unit-unit kerja yang terpisah untuk dapat  mencapai tujuan organisasi secara efektif. Kegiatan ini ditujukan guna mencapai keselarasan, keserasian, sinergi, dan keterpaduan, baik perencanaan maupun pelaksanaan tugas agar tercapai hasil guna dan berdaya guna. Oleh karna itu, tanggal 3 februari 2021 kemarin Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Real Estat Indonesia berkunjung ke Kanwil BPN Prov Sultra.

Kedatangan  Ketua DPD REI Sultra Iwan Setiawan beserta jajaran pengurusnya  disambut dengan hangat oleh Kepala Kanwil BPN Provinsi Sultra Bapak Ilias Tedjo yang baru 4 bulan berdomisili di Kota Kendari.  

Ketua DPD REI Sultra menyampaikan bahwa salah satu bentuk program kerjanya adalah membangun relasi dan koordinasi ke berbagai pihak yang berhubungan dengan perumahan. “kami melakukan audiens di berbagai pihak untuk saling mendukung satu sama lain” pungkasnya.

Di sela perbincangan itu Kakanwil BPN Sultra juga membahas isu yang tengah hangat di kalangan masyarakat sekarang ini tentang sertifikat elektronik beliau menyampaikan bahwa “Terkait sertifikat elektronik untuk saat ini pelaksanaannya masih dalam bentuk persiapan mengingat SDM sumber daya yg lain masih dalam proses persiapan untuk di terapkan”. Tuturnya Kakanwil BPN Sultra

Dalam kesempatan itu Kakanwil BPN Sultra menyampaikan bahwan pemecahan SHM menjadi HGB, pemecahannya bisa dilakukan max 5 bidang sebagaimana sesuai aturan. Disarankan diturun ke perusahaan

Dan terkait permasalahan penggabungan SHM menjadi aset perusahaan dan diharuskan utk melakukan BPHTB, maka kanwil BPN menyarankan agar DPD Rei Sultra membuat surat secara tertulis agar kanwil dapat memberikan payung hukum dan menjadi standar dalam penerapan x di wilayah BPN Sultra.

Kanwil BPN setuju untuk membuat WAG antara kanwil BPN  Sultra dan DPD REI Sultra yg akan menjadi ajang koordinasi terkait permasalahan tanah perumahan di lingkup Sultra. WaG diisi sebagian pengurus DPD Rei Sultra dan pihak kanwil serta kepala kantor BPN seluruh kab/kota